Prodi HI FISIP UBL Bersama Duta Besar RI untuk Austria dan PBB Gelar Kegiatan Discussion From Home #2 “Covid-19: Globalization, US-China Rivalry, And New Normal”

Fenomena Covid-19 telah menjadi tantangan bagi proses globalisasi yang telah terbentuk. Selama tiga bulan terakhir, negara-negara yang terdampak fokus pada pemulihan kondisi domestik. Hubungan antar negara berkurang seiring penurunan mobilitas antar negara, serta transaksi barang, jasa, dan modal. Hal ini membawa dunia pada proses deglobalisasi.

Pada saat yang sama, rivalitas di antara dua kekuatan global, yaitu Amerika Serikat dan Tiongkok, tidak berkurang, meski dunia dihadapkan pada situasi yang sama yaitu pandemi Covid-19.

Arus investasi asing yang masuk ke dalam suatu negara-bangsa juga berkemungkinan besar akan terganggu. Lalu, Bagaimana Indonesia harus bersiap di era deglobalisasi? Sektor manakah yang akan terlebih dahulu terkena dampaknya? Pertanyaan ini akan terjawab pada kegiatan diskusi online bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Austria dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Dr. Darmansjah Djumala, M.A. dan dipandu oleh Dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur Anggun Puspitasari, M.Si.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 17 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.