Mahasiswa FISIP Universitas Budi Luhur Kembali Terpilih Sebagai Ajudan Gubernur Jawa Barat

 

Ari Firmansyah, mahasiswa Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Budi Luhur angkatan 2017, terpilih menjadi Ajudan Gubernur Jawa Barat Tahun 2020. Ari merupakan salah satu dari 42 Ajudan Gubernur Jawa Barat tahun 2020 terpilih, di antara peserta seleksi berjumlah 4.039 orang yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Pemilihan Ajudan diselenggarakan di bawah naungan program Jabar Future Leaders (JFL).

JFL merupakan program Pemerintah Jawa Barat yang ditujukan kepada para pemuda/i Indonesia, khususnya yang berasal dari wilayah propinsi Jawa Barat. Program ini bertujuan untuk melatih kepemimpinan para pemuda/i, yang telah diinisasi oleh Pemerintah Jawa Barat sejak tahun 2019. Pada tahun lalu, jumlah Ajudan terpilih adalah sebanyak 30 orang.

Ari, yang saat ini berumur 21 tahun, merupakan salah satu peserta seleksi program ini pada tahun 2019. Meski tidak lolos pada Angkatan Pertama, didukung oleh semangat dari salah satu kawannya yang telah berhasil menjadi Ajudan Gubernur Jawa Barat pada tahun 2019, Ari yang berasal dari Kabupaten Ciamis tidak patah semangat dan berhasil melalui berbagai proses seleksi di tahun ini. Setelah mengevaluasi performa dirinya pada proses seleksi tahun 2019, Ari menjelaskan bahwa dirinya telah menunjukkan keseriusannya dalam meningkatkan proses pembelajarannya, pada tahap pembuatan video. Video berdurasi 1 menit disusun dengan menitikberatkan konten dan tampilan pada kajian ilmu hubungan internasional, yaitu disiplin ilmu yang sedang ia pelajari saat ini. Berikut video Ari pada platform Instagram:

 

View this post on Instagram

Hai perkenalkan nama saya Ari Firmansyah saya merupakan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Budi Luhur. Jawa Barat menjadi salah satu Provinsi yang sedang melakukan percepatan dalam bidang pembangunan, hal ini dilakukan sejalan dengan program pemerintah Indonesia yakni program pembangunan berkelanjutan. Karena dengan meningkatkan pembangunan negara sama saja kita sedang mendukung Program Sustainable Development Goals (SDGs) yang akan berakhir pada tahun 2020 beberapa pembangunan yang dilakukan oleh Jawa Barat yakni pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, dan juga pemerintah Indonesia juga sudah banyak melakukan pembangunan transportasi seperti MRT, LRT dan jalan tol dimana-mana. Selain itu, dalam menghadapi era revolusi 4.0 beberapa program Bapak @ridwankamil juga menyesuaikan dengan adanya perkembangan teknologi seperti Program Desa Digital, Jabar Digital Service, Desa Pariwisata, 4.0 IoT untuk petambak dan nelayan, dan dibuatnya sebuah aplikasi Sapa Warga dan masih banyak lagi program lainnya. Hal ini menandakan bahwa Jawa Barat siap menghadapi adanya perkembangan teknologi yang sangat cepat. Saya berharap ketika nanti saya terpilih menjadi Ajudan Gubernur Bapak @ridwankamil , saya bisa memahami dan melihat secara langsung bagaimana seorang pemimpin dalam mengambil sebuah keputusan dengan cepat dan tepat, bagaimana menjadi pemimpin yang diidolakan oleh masyarakatnya, bagaimana bernegosiasi dengan partner lain demi kepentingan Jawa Barat, yang terpenting adalah bagaimana bisa membagi waktu sebaik mungkin, karena saya yakin ketika kita bisa me manage waktu dengan baik maka semua urusan kita bisa berjalan baik juga. Saya siap menjadi Ajudan Gubernur Jawa Barat !!! @jabarfutureleaders #ajudanjabar2020 #jabarfutureleaders #ajudangubjabar

A post shared by Ari Firmansyah (@firmansyahari23) on

 

Peningkatan jumlah kuota Ajudan Gubernur terpilih pada tahun ini merupakan kabar baik bagi para pemuda/i Jawa Barat khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Pemuda/i generasi penerus bangsa Indonesia memiliki kesempatan yang semakin besar untuk belajar sejak dini dalam berkontribusi bagi pembangunan nasional Indonesia di masa depan. Ke depannya, melalui partisipasi dalam proses seleksi ataupun setelah terpilih menjadi Ajudan Gubernur, Prodi HI UBL yakin bahwa para peserta maupun ajudan terpilih akan mendapatkan motivasi, semangat, serta pelajaran yang sangat besar. Seperti pernyataan Ari dalam testimoninya paska pengumuman Ajudan Gubernur Jawa Barat terpilih tahun ini, “Saya sangat bersyukur dan berterimakasih karena dapat menjadi bagian dari keluarga Jabar Future Leaders Batch II. Kesempatan ini tidak akan saya sia-siakan. Saya akan maksimalkan, supaya bisa memberikan yang terbaik ketika nantinya saya bertugas menjadi ajudan.”

 

Baca juga: http://fisip.budiluhur.ac.id/2019/03/mahasiswi-fisip-terpilih-sebagai-peserta-jabar-future-leaders/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.