Dosen Kriminologi Budi Luhur Hadiri Seminar dan Diskusi Panel Asia di Singapura

Dosen kriminologi Universitas Budi Luhur, Muhammad Zaky, S.Sos, M.H menghadiri undangan seminar dan diskusi panel yang bertemakan “The Future of Artificial Intellegence” Voice from Asia, di National University of Singapura, Selasa, 6 Agustus 2019.

Pembicara dalam seminar ini diantaranya Prof. C. Raja Johan (Professor from National University of Singapore, Singapore), Prof. Chinmayi Arum (Professor from National Law University, Delhi), dan Prof. Mark Findlay (Criminal Justice Expert, Legal Theory and Cultural Criminology, Singapore Management University).

Pada seminar ini, membahas mengenai Artificial Intellegence atau biasa disingkat AI yakni kecerdasan buatan yang mengacu pada perspektif hukum dan kriminologi. Acara ini dihadiri oleh para akademisi, praktisi, dan berbagai kalangan yang paham terhadap artificial intellegence dan bidang hukum dari beberapa negara di Asia Tenggara.

Sehingga, para akademisi dan praktisi melihat bagaimana perkembangan AI dari berbagai macam perspektif. Mulai dari teknologinya, penerapannya, faktor atau sudut pandang hukum dan kriminologi.

Dalam AI hal yang menjadi sorotan salah satunya adalah privacy data yakni keamanan data pribadi yang disoroti dari perspektif hukum dan kriminologinya. Kriminologi Budi Luhur berfokus pada Cyber Crime (kejahatan dunia maya) yang selalu mengikuti perkembangan teknologi di dunia khusunya Asia.

Dalam hal ini, Pak Zaky mengungkapkan harapannya terhadap kriminologi budi luhur. “Salah satu yang menjadi pr penting saat ini adalah berbicara tentang artificial intellegence atau kecerdasan buatan. Harapan dengan seminar yang diikuti kemarin bisa menjadi bahan untuk diskusi lanjutan di kriminologi budi luhur dan juga ke dalam perkuliahan dengan konsentrasi cyber crime. Bagaimana tantangan dan juga masa depan dari AI itu sendiri dilihat dari sudut pandang kriminologi,” ujarnya.

Dengan demikian, kriminologi budi luhur akan semakin berkembang dan mencetak mahasiswa–mahasiswinya sukses kelak. Masa depan Artificial Intellegence dalam perspektif hukum dan kriminologi akan dikembangkan pada jurusan kriminologi Universitas Budi Luhur.

SALAM BUDI LUHUR!

Penulis: Nur Siti Fatimah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + 3 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.