Cegah Kejahatan, Kriminologi Budi Luhur Sapa Warga Kedoya Utara dengan Mural

Program Studi (Prodi) Kriminologi Universitas Budi Luhur menggelar kegiatan proyek mural ke Kedoya Utara, Jakarta Barat. Kegiatan mural ini bertujuan sebagai tindakan preventif dalam pencegahan kejahatan kekerasan melalui visualisasi.

Acara mural ini diramaikan oleh sejumlah dosen-dosen dan mahasiswa dari Prodi Kriminologi Budi Luhur, komunitas gradasi Budi Luhur, komunitas mural Indonesia, Pondok Betung, Lurah Kedoya, A.Latief serta jajarannya Ketua RW dan Ketua RT 02, Kedoya Utara, Jakarta Barat, Selasa (2/5/2018).

Kegiatan mural ini juga sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh sejumlah dosen kriminologi. Melalui visualisasi, diharapkan tindakan kejahatan bisa diminimalisir. Mulai dari kejahatan narkotika, kejahatan kekerasan, kekerasan terhadap anak, kejahatan terorisme, korupsi, dan lainnya.

Acara mural sendiri dimulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Tema mural terdiri dari kejahatan narkotika, dampak tayangan media terhadap kekerasan pada anak, kejahatan kekerasan, terorisme, hate crime, dan korupsi. Mahasiswa dan komunitas mural serta dosen terlebih dahulu melakukan pengecatan dasar di dinding mural yang kurang lebih 6 meter dan 4 meter. Setelah cat dasar kering, seluruh peserta lantas membuat sketsa per tema lalu mewarnainya.

Diharapkan seluruh pengguna jalan tidak hanya dapat melihat gambar mural tersebut. Namun bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena visualisasi mural ini juga terhadap simbol-simbol dan bahasa yang mengajak warga untuk mencegah kejahatan.   

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.