Junior Short Diplomatic Course (JSDC) 2015

jsdc1 jsdc2Program Studi Hubungan Internasional untuk yang ke-16 kali menyelenggarakan kegiatan tahunan JSDC. Bekerjasama dengan Direktorat Diplomasi dan Informasi Kementrian Luar Negeri RI, kegiatan ini dilaksanakan pada 26 Maret 2015 di Auditorium Universitas Budi Luhur.

jsdc3JSDC tahun ini masih menggunakan simulasi sidang Bali Democracy (BDF) dengan mengusung tema BDF VI “Consolidating Democracy in Pluralistic Society”. Dalam sambutannya J Subagia Made menyatakan bahwa pada dasarnya BDF adalah satu-satunya forum yang membahas demokrasi di Asia Pasifik. BDF merupakan wadah bagi negara peserta untuk berbagi pengalaman demokrasi di negaranya masing-masing.

jsdc4Dengan BDF inilah Indonesia menunjukkan kemampuannya dalam mengelola sistem yang baik. Sementara JSDC dengan simulasi dengan BDF ini membantu Kemenlu untuk menyebarkan nilai-nilai positif dari sistem demokrasi, juga menimbulkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

“Menteri Luar Negeri sangan mengapresiasi kegiatan ini karena ternyara ada kaum mengapresiasi kegiatan ini karena ternyata masih ada kaum muda yang peduli dan mau memperkenalkan BDF ke generasi muda.” Tutur Made dalam sambutannya. “Dengan berlangsung JSDC ini, Kementrian Luar Negeri telah mencatat bahwa ini adalah kali ketiga Universitas Budi Luhur bekerjasama dengan Kemenlu untuk mengadakan Simulasi Sidang BDF. Simulasi ini ternyata hasilnya cukup mirip dengan aslinya, untuk itu ternyata hasilnya cukup mirip dengan aslinya, untuk itu Kemenlu sangat mengapresiasi kegiatan ini.” Tambah Made.

jsdc5Sebanyak 220 pesera dari 20 SMA se-Jabotabek turut berpartisipasi pada simulasi sidang ini. Sejak 2013, kegiatan ini telah menjadi wadah kompetisi bagi siswa/i SMA yang tertarik belajar menjadi Diplomat. Masing-masing SMA diwajibkan mengirimkan dua perwakilan siswa/i-nya untuk berperan menjadi Presiden dan Meteri Luar Negeri. Tiga juru dari Direktorat Diplomasi dan Informasi Kementrian Luar Negeri RI akan menilai kapabilitas penggunaan bahasa inggris mereka. Selain itu, mereka juga akan dinilai gesture, attitude, hingga positian paper yang dibuat.

Adapun juara JSDC 2015 dibagi menjadi ke dalam kategori yakni Best Speaker, Best Position, dan Juara Bergilir.

jsdc6Best Speaker Ke-1 dimenangkan oleh SMK 43 Jakarta; Ke-2 oleh SMAN 1 Tangerang Selatan; Ke-3 oleh SMAN 13 Tangerang Selatan.

Best Position Paper Ke-1 dimenangkan oleh SMK Al-Hikmah; Ke-2 oleh SMAN 112 Jakarta; Ke-3 oleh SMAN 13 Tangerang Selatan.

Juara bergilir dimenangkan oleh SMAN 112 Jakarta.

Kegiatan ini ditutup oleh Ketua Program Studi HI Bapak Yusran. Yusran berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung setiap tahunnya. Ia juga berharap tahun depan piala dapat tetap dipegang oleh Juara Bergilir tahun ini.

Dapat dilihat juga pada: https://www.budiluhur.ac.id/2015/03/29/fisip-hi-junior-short-diplomatic-course-2015/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × one =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.