•  

Kriminologi - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Universitas Budi Luhur

Kriminologi

Visi

Menjadi program pengajaran yang unggul dalam bidang Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Cyber(Cyber Crime) berbasis riset aplikatif yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat dengan dilandasi budi pekerti yang luhur.

Misi

  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang bermoral serta memiliki kemampuan akademik dan/atau profesional di bidang Kriminologi yang unggul dan mampu bersaing secara nasional dan internasional; khususnya pada bidang Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Cyber(Cyber Crime).
  • Menemukan, mengembangkan, menciptakan karya di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya akademik bidang Kriminologi.
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Kriminologi Strata Sarjana yang mengkonsentrasikan diri pada bidang Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Cyber(Cyber Crime).
  • Mengembangkan dan menerapkan gagasan pencegahan dan penanggulangan kejahatan dibidang Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Cyber (Cyber Crime).
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian Kriminologi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat; yang berkaitan dengan Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Cyber(Cyber Crime).
  • Mengembangkan kurikulum Kriminologi, yang berkaitan dengan Jurnalistik Kriminal (Crime Journalism) dan Kejahatan Cyber(Cyber Crime).
  • Membentuk dan mengembangkan jaringan kelembagaan guna meningkatkan peran serta Program Studi Kriminologi di masyarakat baik secara nasional maupun internasional.

Prospek Lulusan

Program Studi Kriminologi memiliki kompetensi pada bidang-bidang sebagai berikut:

1. Bidang Akademik

Bidang yang dapat ditekuni bagi lulusan Program Studi Kriminnologi sebagai tenaga pendidik, peneliti atau yang berkeinginan meneruskan studi lanjut. Ragam profesi yang dapat dijalankan, antara lain sebagai berikut:

▪ Calon dosen Studi Kriminolgi atau sosial humaniora

▪ Peneliti Studi Kriminologi

▪ Pengamat atau kolumnis Studi Kriminologi

2. Bidang Pemerintahan

Bidang ini tersedia bagi lulusan yang ingin membangun karir dalam birokrasi pemerintahan (lembaga sektor publik) terkait Studi Kriminologi. Beberapa lembaga pemerintahan tersebut, antara lain:

▪ Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemkumHAM)

▪ Badan Narkotika Nasional (BNN)

▪ Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT)

▪ Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)

3. Bidang Praktisi

Bidang ini tersedia bagi lulusan yang ingin membangun karir dalam institusi pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) atau organsasi sosial yang berafiliasi dengan lembaga tertentu yang memiliki kepedulian terhadap persoalan masyarakat. Beberapa organisasi tersebut antara lain:

Crime for Detention Studies (CDS)

Indonesian Corupption Watch (ICW)

▪ Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM)

4. Bidang Bisnis

Bidang karir ini dapat dikembangkan oleh lulusan yang ingin membangun usaha sendiri terkait Studi Kriminologi, baik bidang kriminal jurnalistik maupun kejahatan siber. Beberapa bidang bisnis tersebut antara lain:

▪ Harian Pos Kota

▪ Majalah Teropong Senayan

▪ Majalah Forum Keadilan

WhatsApp chat