Program Studi Hubungan Internasional FISIP Universitas Budi Luhur Adakan Tutorial Penyusunan Rencana Studi

Salam Budi Luhur!

Pada hari Senin, 16 Desember 2019 pukul 13.40 – 15.00 WIB, Laboratorium Hubungan Internasional (Lab. HI), Universitas Budi Luhur menyelenggarakan kegiatan “Tutorial Penyusunan Rencana Studi”. Kegiatan ini bertempatkan di Ruang 4.4.2, Universitas Budi Luhur, Ciledug. Tutorial Kurikulum ini dihadiri oleh sekitar 28 mahasiswa HI angkatan 2017 hingga 2019. Kegiatan ini dipandu oleh Kepala Laboratorium Hubungan Internasional Tulus Yuniasih, M.Soc.Sc.

Kegiatan Tutorial ini bertujuan agar para mahasiswa HI memahami alur proses belajar mereka, beserta prosedur-prosedur terkait agar dapat mengatur waktu serta biaya perkuliahan dengan matang. Berdasarkan hal tersebut, tutorial yang diberikan berisi penjelasan tentang apa saja dan kapan mata kuliah wajib dan inti perlu diambil, beserta dengan alasan pemetaan waktu tersebut. Materi yang disampaikan juga mencakup penjelasan mengenai kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Kuliah Kerja Praktik (KKP), terutama untuk mahasiswa/i angkatan 2017 yang akan menentukan rencana studi untuk Semester 6. Perencanaan yang matang mengenai KKP yang akan dilaksanakan selama 3 bulan, serta KKN yang akan dilaksanakan pada akhir semester berjalan, termasuk kalkulasi pembiayaan, merupakan hal yang sudah dilakukan oleh mahasiswa/i tingkat 3 (tingkat) sebelum masa Kartu Rencana Studi Semester (KRSS) untuk Semester 6 ditutup.

Selain itu, Ibu Tulus juga menjelaskan mengenai program studi ekskursi yang merupakan program yang wajib diikuti oleh mahasiswa Hubungan Internasional. Pada kesempatan yang sama, Ibu Tulus juga memberikan penjelasan mengenai 4 (empat) skema yang telah disepakati kedua institusi untuk dapat dipilih oleh mahasiswa/i HI UBL dalam program pertukaran pelajar dengan Institute of Diplomacy and International Studies, Rangsit University, Thailand. Pada akhir tutorial, Ibu Tulus memberikan pembekalan mengenai cara-cara menghitung Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kepada beberapa mahasiswa/i. Pembekalan mengenai cara menghitung IPK akan dapat membantu para mahasiswa/i dalam merencanakan target pencapaian per-semesternya hingga kelulusannya nanti.

Ke depannya, Lab. HI akan banyak menyelenggarakan kegiatan yang  lebih seru dan bermanfaat. Jangan sampai ketinggalan info. Sampai jumpa pada kegiatan selanjutnya ya! Untuk materi tutorial dapat menghubungi Lab. Hubungan Internasional.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 5 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.