Prodi Kriminologi Adakan Kegiatan Criminology Fair

Criminology Fair 2019 Human Right & Law Enforcement dengan tema “Mau dibawa Kemana HAM kita?”

Salam Budi Luhur!

Jakarta – Himpunan Mahasiswa Kriminologi bersama Program Studi Kriminologi Universitas Budi Luhur menggelar acara Criminology Fair 2019 Human Right & Law Enforcement dengan tema “Mau dibawa Kemana Ham kita?” di Auditorium Universitas Budi Luhur pada 3 Desember 2019. Acara tersebut diikuti oleh kurang lebih enam ratus peserta dari berbagai Program Studi dan Keluarga Besar Organisasi Mahasiswa (KBOM) yang ada di Universitas Budi Luhur.

Acara tersebut menghadirkan narasumber Banu Abdillah sebagai Staf Penyuluh Hak Asasi Manusia dan Publikasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan dimoderatori oleh Prisca Niken (Presenter).

Banu Abdillah mengatakan bahwa Hak Asasi Manusia merupakan bentuk penghormatan sesama manusia. Hak dan tanggung jawab sebagai manusia. Dalam pelanggaran HAM, adanya keterlibatan state. Sejak dalam kandungan, HAM otomatis berlaku untuk setiap orang.

Dalam acara tersebut, ada beberapa kajian penting yang disampaikan bahwa Hak Asasi Manusia itu tidak boleh dikurangi dalam kondisi apapun disebut Non-derogable Rights. Pelaksanaan HAM tidak bisa disamaratakan di seluruh dunia. Terutama di Indonesia, penegakan Hukum HAM bersifat Partikulat, artinya tidak bisa seluruh standar HAM dunia bisa diterapkan di Indonesia, sebut Banu.

“Diharapkan kedepannya masyarakat Indonesia lebih bisa menghargai hak pribadi sebagai manusia dan hak publik sesama manusia dalam kondisi apapun, dalam keadaan apapun, dan bagaimanapun. HAM itu tidak dapat dikurangi maupun dirampas, permasalahan HAM adalah permasalahan bersama,” ucap Banu saat sesi Closing Statement.

Peserta seminar sangat antusias dan senang, serta banyak mendapat berbagai ilmu baru serta kenalan baru yang tergabung dari Program Studi yang berbeda. Tidak hanya itu, acara ini juga memiliki output dimana sebagai generasi milenial dan sebagai masyarakat Indonesia kedepannya untuk menjadikan calon-calon sarjanawan penerus untuk peduli akan Hak Asasi Manusia, pemaknaannya dan penegakan hukumnya di Indonesia.

 

 

Farhan H. Yasin & Alfaridzi Ilham S. (Mahasiswa Prodi Kriminologi).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 9 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.