PKM Dosen FISIP: Pembekalan Materi Terorisme, Sosialisasi Masyarakat ASEAN, dan Edukasi Jurnalistik di SMA Islam Harapan Ibu, Jakarta

Dosen dan mahasisEdited PKM 1wa Prodi Hubungan Internasional dan Kriminologi, FISIP, Universitas Budi Luhur kembali mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai salah satu tri dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan setiap semester. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 20 Juli 2016 di SMA Islam Harapan Ibu, Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh siswa-siswi, serta beberapa guru dan Kepala Sekolah SMA Islam Harapan Ibu, Hj. Neneng Junaisih, S.Pd.

Kegiatan PKM tersebut tidak hanya terdiri dari pemaparan interaktif dan diskusi, tetapi juga workshop. PKM yang diadakan dalam rEdited PKM 2angka rangkaian kegiatan masa orientasi sekolah ini mencakup tiga materi utama. Materi yang pertama mengenai terorisme. Tim pemaparan materi pertama ini dipimpin oleh Monica Margaret, M.Krim dengan beranggotakan Lucky Nurhadiyanto, M.Si, Sapto Priyanto, M.Si, serta Riska Syaira Kinsi. Sesi pertama ini bertama “Waspada Bahaya Rekrutmen Teroris di Kalangan Anak Muda Via Dunia Maya”, dimana para pemateri memaparkan pengertian terorisme serta perbedaannya dengan teror, kasus-kasus terorisme di Indonesia, bagaimana terorisme dapat melibatkan para pemuda, serta bahaya terorisme.

Edited PKM 3Pemaparan materi kemudian masuk kepada sesi yang kedua  yaitu mengenai ASEAN. Pemaparan materi kedua ini dipimpin oleh Tulus Yuniasih, M.Soc.Sc, Dr. Supriyono B. Sumbogo, M.Si, Muhammad Zaky, S.Sos, MH serta Niken Saraswati. Pemaparan yang memiliki topik “Sosialisasi Masyarakat ASEAN dalam Rangka Meningkatkan Peran Pemuda dalam Pembangunan” tersebut mendekripsikan kawasan Asia Tenggara secara geografis, demografis, serta potensi-potensinya, pengenalan mengenai ASEAN, Masyarakat ASEAN dan Konektivitas ASEAN, serta bagaimana para pemuda dapat berperan dalam meningkatkan pembangunan.

Sesi yang ketiga kemudian berisikan pemaparan terkait jurnalisme dipandu oleh Untung Sumarwan, SH, M.Si, Fahlesa Munabari, Ph.D dan Chazizah Gusnita, M.Krim, serta Isky Fatimah. Workshop Web Media dan Fotografi Citizen Journalism (Edukasi Penggunaan Jurnalistik Media Online dan Fotografi) ini mencakup pemaparan mengenai jurnalistik dan fotografi, pelatihan menulis berita dan fotografi, serta sosialisasi berbagai jenis media online.

Edited PKM 4Tim PKM juga memberikan beberapa praktik langsung mengenai berbagai macam bahasa di Asia Tenggara dan fotografi. Selama kegiatan berlangsung, siswa-siswi SMA Islam Harapan Ibu antusias dalam menanggapi pemaparan materi para tim PKM. Hal itu tampak dari sejumlah peserta yang memberikan pertanyaan kepada tim PKM serta berpartisipasi aktif dalam kuis interaktif, permainan dan pelatihan. Kerjasama kedua instansi dalam kegiatan PKM diharapkan dapat terus ditingkatkan dalam rangka menambah pengetahuan, wawasan serta keterampilan para pemuda Indonesia.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 1 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.