Keikutsertaan FISIP UBL dalam Perumusan Cyber Security di Indonesia

CybersecurityJAKARTA (Budi Luhur) – Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggalakan ragam upaya perumusan cyber security di Indonesia. Acara ini dalam rangka publikasi Buku Putih The Future of Cyber Security Capacity in Indonesia yang diselenggarakan atas prakarsa Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo bekerjsama dengan University of Oxford dan Universitas Telkom. Seminar dan workshop bertempat di Hotel Sari Pan Pacific dengan partisipasi dari unsur pemerintah, akdemisi, pekerja professional dan LSM. Selain itu, acara ini tidak hanya diadakan secara offline namun bagi para peserta juga disediakan alternatif seminar dan workshop online. FISIP UBL terlibat dalam kegiatan tersebut melalui keikutsertaan Monica Margaret, M.Krim., Lucky Nurhadiyanto, M.Si., dan Samsinar, M.Kom.

          Sebagai keynote speakers pada acara ini adalah Harry Macdonald (Duta Besar Inggris), Prof. Ir. Mochamad Ashari, Ph.D., (Rektor Universitas Telkom) dan Ir. Bambang Heru Tjahjono, M.Sc., (Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo). Ketiganya sepakat bahwa sinergisitas antar pihak baik pemerintah, penyedia jasa internet, perusahaan dan masyarakat amat dibutuhkan dalam menghadapai tantangan cyber security di Indonesia.

          Ian BrownProfesor Ian Brown dari University of Oxford membuka seminar dengan pemaparan interaktif seputar kemajuan teknologi melalui internet dan berbagai dampak penggunaan internet dewasa ini. Pengguna internet baik secara sadar ataupun tidak telah menjadi objek kompetisi perusahaan software agar semakin tergantung dengan program yang ditawarkan. Hal ini menuntut setiap pengguna bersikap bijak dalam mengakses internet terutama berkaitan dengan keamanan privasi data pribadi. Profesor Ian Brown menegaskan bahwa peran pemerintah menjadi vital guna memberikan pelayanan keamanan cyber yang penggunanya secara kuantitas kian meningkat.

       Yudhistira NugrahaSesi ke dua diisi dengan materi dari Yudhistira Nugraha berupa workshop rekomendasi cyber security. Yudhistira menjelaskan tentang Top 20 Recommendations for Strengthening National Cybersecurity Capacity berdasarkan tingkat urgensinya. Hasil workshop akan menjadi bahan masukan bagi para pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan penguatan keamanan data internet di Indonesia.

Foto bareng Prof. Ian Brown ft bareng ian brown

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 + 13 =

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.